Ayat hari ini menceritakan kisah Daniel yang dapat mengartikan arti mimpi raja Nebukadnezar. Ketika Daniel berhasil, ia dan teman-temannya mendapatkan kepercayaan yang besar dari raja.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak anak-anak Tuhan yang merasa tidak pernah mendapatkan apa-apa dari Tuhan.

Apa yang harus kita waspadai, karena hari-hari ini banyak perlombaan yang dijalani umat Tuhan. Apa yang kita lakukan sekarang akan berakibat nanti.

Matius 21:12 --> Transaksi-transaksi yang terjadi di halaman.

Filipi 2:5-11 --> Yesus merendahkan diri sampa mati di kayu salib.

Jika kita merendahkan diri, Tuhan akan meninggikan kita. Jika kita meninggikan diri, Tuhan akan merendahkan kita.

Kejadian 1:1 --> Rencana menjadikan/menciptakan manusia dimulai dengan menyediakan semua sarana kebutuhan manusia --> dunia dengan isinya.

Kejadian 1:2 --> Bumi tidak berbentuk karena dirusak oleh Iblis/Setan.

Yesaya 14:12-15 --> Iblis dicampakkan ke bumi (dunia orang mati hanya ada di bumi).

Ayat-ayat hari ini merupakan jawaban Tuhan Yesus ketika murid-murid menanyakan tanda akhir jaman. Salah satu tanda yang disampaikan adalah kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. Di dalam alkitab bahasa asli digunakan kata "Anomia"

Anomia berarti satu kondisi manusia tanpa hukum. Salah satu penyebabnya adalah ignorance. Awalnya dari acuh tak acuh. Kemudian bodoh dan bebal.

1 Petrus 1:3 --> Kebangkitan Yesus membangkitkan pengharapan.

Petrus keluar dari apa yang selama ini menguasainya:
1. Takut (sehingga ia menyangkal Tuhan)
2. Tidak bisa menerima
3. Kecewa
4. Merasa Lebih (karena dia paling senior dari murid-murid lain)
5. Kegagalan (gagal dalam menjalankan amanat Yesus)


Petrus berhasil dilahirkan kembali.

Dalam ‘Last Word from Steve Jobs’, Steve Jobs mengatakan nama, kekayaan, kedudukan yang dicari, tapi pada akhirnya dia harus menyerah pada penyakitnya. Kasih murni yang terpendam dalam hati hilang dalam kehidupan Steve Jobs saat sehat. Masih untung kasih murni tersebut baru bisa dinikmatinya ketika terbaring di ranjang rumah sakit yang mahal.

Hati yang gembira adalah obat, semangat yang patah mengeringkan tulang. Apakah selama ini kita masih menikmati kegembiraan dalam hidup keseharian kita?

Lapang dada --> kita harus bisa lapang dada, semua perasaan hati yang tidak adil harus dilepaskan secepatnya. Kita harus menerimanya dengan pengertian.

Kita takut kehilangan dada yang sesak, karena di dada yang sesak kita menikmati proses dikasihani oleh diri sendiri dan orang lain. Itu sebuah taman bermain yang ingin kita pegang selamanya. Kita takut kehilangan sesuatu yang lama dan takut berhadapan dengan sesuatu yang baru. Kita takut perubahan.

Lukas 22:39-46 --> Yesus awalnya tidak bisa menerima harus mati di kayu salib. Tapi akhirnya Dia bangkit dari segala ketakutan-Nya dan menuruti kehendak Bapa.

Hal-hal ini bukan pencobaan tapi masalah kita sendiri. Kita tidak mau keluar dari kehidupan yang lama, dari kehidupan yang membuat kita merasa tidak adil. Keluarlah dari hal-hal tersebut, lepaskanlah dan mengucap syukurlah. Maka hidup kita akan berubah menjadi lebih baik dari hari ke hari bersama Tuhan.

Amin.

Tuhan Yesus memberkati.



Tanggal          : 31 Oktober 2015                              
Pembicara       : Bpk. Gembala
Ayat Pokok     : 1 Petrus 1:3

Lukas 8:26-31 --> Iblis tahu tentang jurang maut.

Wahyu 20:103 --> Setelah kedatangan Tuhan yang ke-2, Iblis baru dimasukkan ke dalam jurang maut.

Matius 8:28-29 --> Iblis tahu sekarang belum waktunya.