Sangat mudah bagi kita untuk memuji dan bersyukur kepada Tuhan saat semuanya baik, tetapi saat semua berubah menjadi buruk, kita mudah meragukan Allah dan bertanya: Mengapa Tuhan izinkan hal buruk terjadi kepada aku? Mengapa Allah meninggalkan aku?

Pada saat kita alami masalah, ujian, pencobaan, seharusnya kita tetap tenang dan tidak putus asa, apalagi kecewa terhadap Tuhan, sebab Allah bukan cuma melihat dan tahu semua yang kita alami, tetapi Dia adalah Allah yang sanggup melepaskan kita dari masalah yang kita alami.

Matius 14:22-23 --> Setelah Yesus memberi makan 5000 orang, Yesus menyuruh murid2 menyeberang danau Galilea. Sedangkan Yesus naik ke bukit dan berdoa kepada Bapa. Pada tengah malam, datang badai seolah2 berusaha menenggelamkan perahu mereka. Dalam kondisi tidak berdaya, murid2 merasa Yesus tidak memperdulikan mereka lagi. Mereka belum mengerti bahwa Yesus adalah Allah yang Maha Hadir, Maha Tahu dan Maha Kuasa.
Tuhan ingin menjadikan kita sebagai sahabat. Sebagai sahabat, Ia ingin agar kita mengetahui apa yg diperbuatNya

(Yoh 10:1-4) Domba mengikuti gembalanya karena mengenal suaranya. Dalam kehidupan sehari-hari, saat kita memiliki kedekatan dengan seseorang, akan terjalin komunikasi dan saling pengertian yang erat, melebihi komunikasi verbal.

Dalam hubungan dengan Tuhan, kita harus memiliki pengenalan dan komunikasi yang baik dengan Tuhan. Hubungan dan pengenalan akan Tuhan dapat ditingkatkan dengan membaca Firman Tuhan dan melayani Tuhan.
Matius 6:25-34 --> Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?

Dengan kuatir kita tadk dapat mengubah kondisi hidup kita. Hidup lebih penting dari makan minum. Fakta mengatakan kalau kita kuatir, maka kita akan kehilangan sukacita. Kekuatiran akan mempengaruhi hidup kita dan kesehatan kita.

Kekuatiran diami oleh semua orang. Jadi kita tidak bisa berkata kenapa ini dialami oleh saya dan yang lain tidak.
Matius 6:33 --> Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Lukas 19:11 --> Kerajaan Allah dan kebenaranNya, dipulihkan dan diberkati.

Kerajaan = Basilea:
1. Kingdom: Kingdom of God / heaven;
2. Kingdom: General/evil;
3. My kingdom.