Matius 13:18-23 --> Orang banyak berkumpul ingin mendengarkan Yesus. Apa yang melatarbelakangi orang bersedia datang dan mendengarkan Yesus? Apa motivasi orang-orang itu? Mengapa saya ikut Yesus? Karena Yesus punya daya tarik.

Mari perhatikan cara penabur menabur benih. Yang di tanah berbatu sama dengan orang yang melakukan segala sesuatu asal-asalan. Jika kita melakukan pekerjaan asal-asalan, maka hasilnya akan sedikit. Kita perlu melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Orang yang melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh, akan mendapatkan hasil yang maksimal. Kalau kita lihat dari sisi positif, pekerjaan penabur itu luar biasa. Pribadinya tidak pilih kasih, ikhlas. Pribadi inilah pribadi Tuhan.

Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan. Dalam terjemahan lain, takut akan Tuhan menggunakan kata reverend yg berarti menunjukkan rasa kagum, hormat yang besar. Juga digunakan kata Pious yg berarti beriman, tulus dan saleh.

Kata Worshipful juga digunakan menggambarkan takut akan Tuhan. Kata ini sama dengan adore, devoted yaitu mengasihi Tuhan, jatuh cinta pada Tuhan.

Wahyu 3:7-8 --> Bila Allah membuka, tidak ada yang dapat menutup. Allah tahu kekuatan kita tidak seberapa, namun Allah akan tetap membuka bila kita tetap menuruti Firman-Nya.

Allah membuka dan tidak ada yang dapat menutup, bila kita:

Ef 4:16 Pelayanan itu sesuai kadar kita. Pelayanan itu tidak sia-sia, karena ada pertumbuhan. Ciri-ciri pertumbuhan --> melayani.

Kis 2:43-47 --> Gereja mula-mula adalah gereja yang memiliki kemuliaan. Satu dalam kasih, satu dalam firman satu dalam Roh Kudus. Sehingga Tuhan menambah bilangan mereka setiap hari.

Yosua sama seperti Musa, memulai pelayanan di usia yang cukup lanjut. Dalam bacaan ayat pokok hari ini, Yosua diperintahkan untuk menanggalkan kasut karena tempat yang dipijaknya kudus. Hal yang sama pernah dialami oleh Musa.

Dalam kehidupan sehari-hari, menanggalkan kasut seringkali berarti saat santai. Namun dalam firman Tuhan, saat Musa dan Yosua diperintahkan menanggalkan kasut justru awal sebuah tantangan yang besar.

2 Tim 3:16-17 --> Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan, dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

1. Bermanfaat
- Helpful
- Serviceable
- Advantageous
- Provitable

Efesus 4:11-16 --> Gereja yang dewasa --> Gereja yang siap menjadi mempelai --> Gereja yang siap memenuhi dirinya dengan ukuran Kristus. Tidak mungkin orang yang belum bertumbuh ikut membangun tubuh Kristus. Karena bisa mementalkan diri sendiri atau orang lain dari tubuh Kristus itu.

Melalui ibadah dengan 5 jawatannya yang ada Gereja harus menjadi dewasa.

Dasar2 Gereja / Hukum2 dalam kerajaan Allah:
Kasih, Iman, Pengharapan.

1. Kasih
Mat 22:36-40 --> Kasih tidak bisa terlepas dari salib. Kasih itu pengorbanan.
Dilihat dari sisi Tuhan, benarkah Tuhan mengasihi kita? Benar..!! buktinya: