Pembicara : Pdt. Hendrik Suangga
Ayat Pokok : 2 Kor 5:15-16

Yesus sudah mati bagi semua orang. KematianNya adalah bukti kasihNya kepada kita.

Mati berarti terpisah. Seperti yang terjadi pada Adam dan Hawa ketika mereka melakukan pelanggaran, mereka tidak mati secara fisik. Saat Allah bertanya : “Di manakah engkau Adam ?”, itu tidak berarti Allah tidak mengetahui di mana Adam, tetapi Allah menginginkan adanya pengakuan dari Adam.

Sejak Adam dan Hawa melakukan pelanggaran, mereka terpisah dari Allah. Mereka menyadari kalau mereka telanjang, sehingga Allah mengorbankan seekor domba dan memberikan kulit nya untuk menutupi ketelanjangan mereka.

(Yoh 3:16) Tuhan tidak ingin seorangpun binasa. Barang siapa yang percaya, dialah yang akan menerima keselamatan. Namun mereka yang menolak, akan terpisah untuk selama-lamanya.

Tanggal : 26 Okt 2017
Pembicara : Bpk. Michael Wijaya
Ayat Pokok : Kej 32:24-31
Tema : Bagaimana Kita Berubah

Perubahan adalah salah satu bagian yang dibutuhkan dalam pertumbuhan rohani kita. Kebanyakan kita berkeinginan untuk berubah, melalui buku, seminar dan banyak sarana lainnya. Itu semua baik. Namun ide-ide baru yang kita dapatkan, biasanya tidak tahan lama dalam ingatan kita.

Penyebabnya karena kita berusaha mengubah diri kita di bagian luar. Yang harus kita ubah, harus dimulai dari dalam, yaitu motif kita. Setiap perubahan yang berkelanjutan, harus dimulai dari dalam diri kita. Berikan ruang bagi Tuhan untuk turut bekerja.

Ayat hari ini menceritakan bagaimana proses ketika Allah mengubah Yakub. Yakub di masa mudanya di sebut Penipu. Namun setelah pergumulan yang merupakan titik balik dalam hidupnya, Yakub kemudian dipanggil Israel yang berarti pangeran dalam Tuhan.

Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat pokok : 1 Kor 12:4-6

1 Kor 12:4-6 --> Karunia --> Pelayanan --> perbuatan2 ajaib (energemata). Ada bagian Tuhan, ada bagian kita.

Gereja mula-mula mengalami hujan awal. Hujan awal terjadi pada tahun 30 M, saat pencurahan Roh Kudus di atas loteng. Yoel 1:1-3 menubuatkan akan terjadi hujan awal yang kering.

Allah menubuatkan dalam Yoel 2 tentang Hujan Awal dan Hujan Akhir.

Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat pokok : 2 Kor 8:9

2 Kor 8:9 --> Ia menjadi miskin supaya kita kaya.

Bapak --> Yesus --> Roh Kudus --> Karunia Roh.

1 Kor 12:4-6 --> Karunia --> Pelayanan --> perbuatan2 ajaib (energemata).

1 Kor 12:12-31 --> Melayani dengan karunia menghasilkan perbuatan2 ajaib.

Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat pokok : 1 Kor 12:1-4

1 Kor 12:1-4, ay 4: Rupa2 karunia (charismata) adalah peberian Roh, bukan karena kita (jangan sombong).

Ay. 5, Rupa2 pelayanan (diakonia) sifatnya sosial.

Roma 12:6-8 : Nubuat adalah Kharisma tetapi ketika nubuat disampaikan dalam ibadah : menjadi pelayanan sama dengan pelayanan lainnya.

Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat pokok : Yeremia 20:7-9

Ada dorongan dari Allah untuk melayani Tuhan. Kita tidak boleh mengabaikan bila ada Firman untuk beribadah atau melayani.

Lukas 24:27-32 : Saat murid2 berbincang2 dengan Yesus, dalam perjalanan murid2 berkobar2 saat mendengarkan perkataan Yesus. Murid2 belum mengetahui kalau yang berbicara adalah Yesus, tapi hati murid2 berkobar2: mereka menerima berkat Firman Tuhan dan penjelasannya.

Hagai 1:1-14 : Meninjaklanjuti Firman Allah yang berkobar2: ay. 12-14 : membangun rumah Tuhan.