2 Taw 33:1-16 --> Raja Manasye, keturunan Yehuda tidak berkenan kepada Tuhan karena berbuat kejahatan dan menyembah berhala.

Zaman sekarang kita juga sering terkungkung dengan penyembahan berhala: terikat pekerjaan, terikat hobby, mengikuti ramalan, dll.

Ketahuilah manusia tidak dapat dipercaya hanya Tuhan yang dapat dipercaya. Kita rela berkorban untuk mengganti smartphone baru, tapi sering dengan sengaja telat untuk datang ke gereja.
Iblis hidup dari tidak ada waktu yang membatasi tetapi sayang harus meninggalkan semuanya hanya karena keakuannya dan harus mengalami hidup di neraka dengan menderita yang tidak berakhir.

2 Pet 2:4 --> Sebab jikalau Allah tidak menya-yangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman bagi iblis tidak ada pengampunan.

Mat 8:28-29 --> Dua orang yang kerasukan setan berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?" Karena masih ada waktu, maka iblis ingin orang2 Kristen di neraka bersamanya, dengan cara Iblis menyamar sebagai malaikat terang. (2 Kor 11:14)
Ibrani 5:11-14; Ibrani 6:1-8 --> Sebagai org Kristen kita sering tdk bertumbuh sehinga masih tetap berputar pada azas2 pertama dlm kekristenan. Hidup kekristenan kita seharusnya tdk boleh merasa cukup sehingga bisa bertumbuh terus.

Ay 6, Murtad tapi bertobat tdk mungkin lagi kita diperbaharui lagi, krn kita sudah mendukakan Roh Kudus. Sebab itu kita harus sungguh2 & jangan mundur dari iman & murtad.

Oknum ke-2, Firman Allah & Roh Kudus. Roh Kudus punya kewajiban utk memberkati kita semua, kita punya hak utk menerimanya.
Ayat hari ini menjelaskan tanggung jawab kita sebagai pria:
1. Berjaga jagalah
2. Berdiri dengan teguh di dalam iman
3. Bersikaplah sebagai laki-laki
4. Tetap kuat

Kita akan menjadi suami yg baik apabila kita dapat seperti Kristus, menyerahkan diri atau mengikatkan diri utk bersatu dengan org yg dikasihinya dan menjadi satu tubuh. Menjadi satu tubuh artinya menjadi kesatuan yg tidak dapat dipisahkan karena dipersatukan Tuhan menjadi suami istri.

Kadangkala, kebiasaan suami istri yg baik tergantikan oleh kebutuhan ekonomi. Perlu diingat bahwa ibadah tidak dapat diwakilkan. Walau telah menjadi satu tubuh, baik suami maupun istri harus beribadah.

Suami bertanggung jawab utk menguduskan istrinya dan menjadi imam dalam keluarga. Utk bisa menguduskan istrinya, suami harus terlebih dahulu kudus.
Matius 24:1-2 --> Sesudah itu Yesus keluar dari Bait Allah, lalu pergi. Maka datanglah murid-murid-Nya dan menunjuk kepada bangunan-bangunan Bait Allah. Ia berkata kepada mereka: "Kamu melihat semuanya itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batu pun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan."

Bait Allah = bangunan = Hieron, Gereja = tempat ibadah.

Yang terlibat dalam ibadah:

A. Hamba Tuhan / hamba Tuhan

1. Efesus 4:11-16 membawa jemaat Tuhan mencapai kepenuhan Kristus.