Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat pokok : Yoh 4:5-15
Tema : Hieron --> Jemaat

Yoh 4:5-15 --> Firman Allah yang kita minum akan menjadi air kehidupan, sehingga kita tidak haus lagi.

Yoh 7:37-39 --> Yesus yang memberikan air hidup, Yesus yang membaptis orang percaya dengan Roh Kudus.

Pembicara : Bpk Bondan Abraham
Ayat pokok : Kej 1:28-28
Tema : Ayah Idaman

Dalam pandangan dunia, Beberapa kriteria ayah idaman : bertanggungjawab, tegas tapi bersahabat, baik, mengasihi dan mengayomi. Adakah yang dapat memenuhi seluruh kriteria tersebut?

Anak-anak berasal dari Allah, yang dilahirkan melalui orang tuanya. Karena itu setiap orang tua berkewajiban mendidik anak-anaknya untuk menjadi serupa dan segambar dengan Allah

Pembicara       : Bpk. Alfa Wijaya
Ayat Pokok     : Lukas 5:1-6 (Iman yg Teguh)

Lukas 5:1-6 --> Perahu = Rumah Tangga = Komunitas Gereja/Jemaat.

Ada 3 kondisi perahu:

1. Bersandar/Parkir di tepi pantai.

Menggambarkan kehidupan yang statis, tidak bergerak, iman yang tidak tumbuh.
Mat 25:31-46 --> Perduli --> kanan: domba; tidak perduli --> kiri: kambing. Berkat ada di tangan kanan. Pemimpin dalam Alkitab selalu ditempatkan di sebelah kanan.

Ada beberapa tokoh Alkitab tentang hal ini:

1. Musa

Kel 3:1-12 --> Panggilan Allah terhadap Musa untuk memimpin bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Musa sudah berdalih (bukan rendah hati), tapi berusaha tidak memenuhi panggilan Allah.
Lukas 4:16-26 : Yesus yang diurapi dan diutus, untuk memberitakan kabar baik bagi orang percaya. Namun, seorang nabi tidak dihargai di tempat asalnya. Di zaman Elia, Tuhan mengutus Elia ke seorang janda yang ada di Sidon, walaupun saat itu banyak janda-janda di Israel (1 Raj 17: 7-16)

Janda di sarfat mematuhi apa yang dikatakan nabi Elia. Saat Elia meminta roti, ibu janda itu tidak memilikinya. Dia hanya memiliki segenggam tepung yang menjadi persediaan terakhirnya. Namun saat Elia minta tepung tersebut, ibu janda ini tetap memberikan nya kepada nabi Elia. Dan terjadilah mujizat, tepung dan minyak tidak berkurang saat digunakan untuk membuat roti.

Pemulihan dan mujizat Tuhan terjadi saat kita mendahulukan Tuhan di atas segalanya.
Hieron:
1. Firman Tuhan
2. Roh Kudus
3. Iblis
4. Jemaat Tuhan

Minggu ini kita akan membahas tentang Jemaat Tuhan. Untuk mencapai kesempurnaan, Jemaat Tuhan harus memiliki kasih Agape, Firman Tuhan (Mat 13:18-23) dan Roh Kudus (Yeh 47:1-12). Tanpa kasih, gereja akan penuh dengan kepentingan masing2 tidak perduli dengan orang lain.

1 Petrus 2:1-5 --> Buang semua yang tidak baik dan tidak berkenan kepada Allah. Jadilah batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani. Hari2 ini banyak yang beralih dari Injil sepenuh kepada ajaran sekali selamat tetap selamat, sehingga mengabaikan pembangunan rumah rohani.