Pembicara : Bapak Gembala
Ayat pokok : Yoh 8:36

Yoh 8:36 --> Jadi apabila anak itu memerdekakan kamu, maka kamu benar2 merdeka.

Ay 30-32, Kita akan benar2 merdeka jika kita memiliki Firman Allah. Kita tidak akan merdeka, kalau kita tetap tinggal dalam dosa. Kita melakukan dosa, karena belum tahu kebenaran.

Merdeka --> Firman Allah --> Murid Tuhan --> Kebenaran --> maka hidup kita akan merdeka (kebenaran itu akan memerdekakan kita).

Pembicara : Bapak Gembala
Ayat pokok : Yoh 15:1-8

Yoh 15:1-8, Tinggallah di dalam Tuhan Yesus dan Dia tinggal di dalam kita, maka kita akan berbuah banyak.

Luk 5:1-7 --> Kegagalan Petrus menjala ikan. Kita tidak akan menerima apa2 jika kita tetap hidup di tepi pantai. Karena Firman akan tetap logos, jika kita hanya menerima-Nya tanpa urapan Roh Kudus.

Ay. 4, Untuk ke dua kalinya Yesus berkata: “Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam, lalu tebarkan jala”. Alkitab mengajarkan kita harus ada Firman Allah dulu dalam hidup kita, baru kita action.

Pembicara : Bapak Gembala
Ayat pokok : 2 Raj 6:1-7

2 Raja2 6:1-7 --> Nabi2 ingin membangun rumah bagi mereka dan mengajak Elisa untuk ikut dengan mereka.

Ay. 4-5, mata kapak jatuh ke dalam air, mereka kehilangan mata kapak (mata kapak itu tengelam).

Mat 3:8-10 --> Kapak sudah tersedia pada akar pohon. Jika tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuangnya ke dalam api.

Pembicara : Bpk Munthe
Ayat pokok : 2 Raj 6:1-7
Tema : Never Give Up.

Tidak ada logam/besi yang dapat mengapung di dalam air. Ayat hari ini menceritakan mujizat yang terjadi di zaman Elisa. Mata kapak yang sedang digunakan bekerja, jatuh dan tenggelam ke dalam air.

(Ulangan 19:5-6) Hukum Taurat memberikan pengampunan bagi kelalaian yang disebabkan karena ketidaksengajaan

Dalam kisah hari ini, kapak merupakan alat yang sangat penting untuk bekerja. Saat kita kehilangan pekerjaan atau hal lain yg berharga bagi kita, akan timbul kekuatiran dan ketakutan. Saat kita mengalami hal itu, ingatlah bahwa Allah berkuasa akan segala aspek dalam kehidupan kita. Termasuk juga atas harta milik yang berharga bagi kita.

Pembicara : Bapak Gembala
Ayat pokok : Lukas 10:17-20

Lukas 10:17-20 --> Iblis bekerja melalui gereja2/ibadah --> lahiriah tidak menggambarkan kerohanian yang baik. Iblis akan tetap bekerja sampai gereja disempurnakan dengan segala usaha untuk menggagalkan rencana Tuhan.

Ibrani 10:25-29 --> Hati2 dengan ibadah, karena ibadah bisa membuat kita kehilangan pengetahuan akan kebenaran dan akhirnya kita kembali kepada Taurat dengan menghina kasih karunia dengan melecehkan darah Yesus.

Ibrani 9:13 --> Lahiriah, orang/gereja akan kembali ke Taurat karena korban hanya menyucikan lahiriah.

Ibrani 9:14 --> Gereja hidup dalam kasih karunia melalui darah Yesus yang menyucikan hati nurani.