1 Korintus 11:3 --> Kristus adalah kepala dari sebuah keluarga. Kenapa Kristus dijadikan kepala?

Siapa Kristus?

Kristus identitasnya jelas, kepala Kristus adalah Allah. Siapa Allah? 1. YHWH 2. Elohim 3. Adonai

Tiga kata yang digunakan untuk menyebut Allah.

Elohim, Kej 17:1 --> Allah yang maha kuasa (El Shadai). YHWH --> Tuhan menyatakan diri kepada Musa dengan nama YHWH (Kel 6:2); menunjukkan identitas, mis Yehovah Jireh. Adonai --> Adon (Tuan), Adonai (Tuhan Allah).

Setelah perjalanan waktu, nama Allah tetap. Perjanjian Baru, Yohanes 17:12 --> Yesus (Allah beserta kita), Yesus disebut Penasehat Ajaib, Allah Kekal, Raja damai. Yesus = Allah.

Yoh 15:15, Yoh 1:14 --> Firman telah berubah menjadi manusia. Bobotnya sama, Allah = Firman. Yesus memberitahu segala sesuatu yang Dia dengar dari Bapa (Allah berfirman).

Matius 28:18 --> Kepada-Ku (Yesus) telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi. Yesus diberikan nama di atas segala nama.

Bagaimana dengan akhir zaman? Zaman di mana kita hidup, Allah masih konsisten dengan nama-Nya.

Yoh 14:16 --> Bapa akan memberikan seorang penolong yang lain untuk menyertai kita selama-lamanya. Dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, progresif terus. PL: Adonai (Tuan Besar dan Terhormat), PB: Immanual (dibuat lebih dekat dengan kita); PB: Dia menyertai kamu dan diam di dalam kamu (intim).

Konsistensi Allah terlihat, Allah ingin mengembalikan kedekatan Dia dan manusia seperti pada zaman Eden.

Kristus sudah layak menjadi kepala kita. Kristus = Roh Kudus --> Roh Kudus menjadi kepada kita. Kristus jadi kepada, karena Kristus adalah kepala.

Apa yang harus kita lakukan sebagai seorang sahabat?

Yoh 15:13-17 --> 1) Kita disebut sahabat, jika kita melakukan perintah Yesus. Kita saling mengasihi. Kasih yang rela memberikan nyawa untuk sahabatnya.

2) Abraham --> Sahabat Allah. Apa yang diperbuat Abraham, sehingga ia disebut sahabat Allah? Yakobus 2:23 --> Maka percayalah Abrahan kepada Allah. Abraham percaya apa yang Allah perintahkan. Mari kita percaya kepada-Nya. Amin.

Tuhan Yesus memberkati.



Tanggal          : 24 April 2016                              
Pembicara       : Pdt. Bondan Abraham
Ayat Pokok     : 1 Korintus 11:3


Ibadah Umum, 6 Januari 2019

Tanggal : 6 Januari 2019
Pembicara :Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Efesus 4:4

(Kej 4:1-5) Persembahan Kain tidak diindahkan Tuhan, tetapi persembahan Habel diindahkan Tuhan. Persembahan Kain ialah sebagian dari hasil tanah, sedangkan persembahan Habel adalah anak sulung dari kambing dombanya.

Kita harus belajar mengerti keinginan Tuhan. Kita harus ada di tempat yang Tuhan tetapkan, ke sanalah kita harus cari dan pergi (Ulangan 12:5-6). Ke sanalah pula harus kita bawa:

Read more ...

Ibadah Tahun Baru, 1 Januari 2019

Tanggal : 31 Januari 2019
Pembicara :Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Efesus 4:4

(Efesus 4:4) Satu tubuh dan satu Roh, itulah yang menjadi tujuan kita.

(Bilangan 13:16) Musa mengganti nama Hosea bin Nun menjadi Yosua. Dalam bahasa Ibrani, Hosea berarti Salvation. Yosua berarti Jehovah is Salvation.

(Matius 1:21) Nama Yesus dalam bahasa Yunani, berarti Jehovah is Salvation. Jehovah is Salvation berarti Tuhan yang menyelamatkan / Tuhan adalah keselamatan.

Read more ...

Ibadah Pelprip, 22 November 2018

Tanggal : 22 November 2018
Pembicara : Pdm. Bondan Abraham
Ayat Pokok : Ibrani 12:12-17

Didikan dan ajaran Allah terasa terlalu berat bagi sebagian orang. Dalam menjalani pertandingan iman, kita tidak harus menjalaninya sendiri. Kita harus saling mendukung antar sesama anak Tuhan. Kita berjalan bersama saling menguatkan tangan yang lemah dan lutut yang goyah.

Komsel dan wadah-wadah diadakan dengan tujuan agar kita dapat saling menguatkan antara sesama anak Tuhan. Dalam perlombaan iman, kita tidak akan kuat berjalan sendiri. Dalam kelompok kecil, kita juga saling menajamkan dan saling mengasah (Amsal 27:17). Kita juga bertekun dalam pengajaran firman Tuhan untuk saling menguatkan, saling mendukung, mengingatkan / menegur (Kisah 2:41-42,46, Ibrani 10:24-25)

Read more ...

INFORMASI IBADAH RUTIN

KOMSEL DOA

  • Senin, 14 Jan 2019 di rumah Ibu Ida, Villa Melati Mas
  • Rabu, 16 Jan 2019 di rumah ibu Melani, Lippo Karawaci
  • Kamis, 17 Jan 2019 di rumah ibu Selvi, BSD dan di rumah ibu Maria, Villa Melati Mas

IBADAH KAUM WANITA

  • Selasa, 15 Jan 2019 di Gereja
DOA PUASA
  • Selasa, 15 Jan 2019 pukul 19:00 di Gereja
IBADAH RAYON
  • Jumat,, Jumat, 18 Jan 2019 di rumah Kel. Eko S., Villa Melati Mas

NB : Untuk Alamat Lengkap Bisa dilihat di Warta Jemaat / Hubungi Sekretariat Gereja

 

 
INFORMASI TAMBAHAN

PELAYANAN SOSIAL

 

Menerima Pakaian Layak Pakai untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Pakaian dikumpulkan di Sekretariat. Tuhan Memberkati.