Matius 13:18-23 --> Orang banyak berkumpul ingin mendengarkan Yesus. Apa yang melatarbelakangi orang bersedia datang dan mendengarkan Yesus? Apa motivasi orang-orang itu? Mengapa saya ikut Yesus? Karena Yesus punya daya tarik.

Mari perhatikan cara penabur menabur benih. Yang di tanah berbatu sama dengan orang yang melakukan segala sesuatu asal-asalan. Jika kita melakukan pekerjaan asal-asalan, maka hasilnya akan sedikit. Kita perlu melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Orang yang melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh, akan mendapatkan hasil yang maksimal. Kalau kita lihat dari sisi positif, pekerjaan penabur itu luar biasa. Pribadinya tidak pilih kasih, ikhlas. Pribadi inilah pribadi Tuhan.

Ay 18,19 --> Tanah pertama, tanah di pinggir jalan: Menerima tapi tidak mengerti.

Tidak mengerti bisa disebabkan beberapa hal: Rasa tidak perduli, tidak butuh, tidak fokus, maka tidak akan mengerti Firman itu.

Firman Allah tidak pernah habis-habis selalu baru setiap hari, tapi kenapa tidak ada hasil? Itu karena tergantung pada respon yang mendengar Firman Allah.

Ay 23, --> Mendengar Firman Allah dan mengerti.
Jika kita salah bersikap terhadap Firman Allah, maka tidak akan ada hasil. Ternyata bukan Tuhan yang berhenti mengalirkan berkat. Tapi respon dari tanah itu yang salah. Respon dari kitalah yang salah, menyebabkan berkat berhenti mengalir.

Ratapan 3:22-23 --> Rahmat-Nya tidak pernah habis.
Jika respon kita kecil jangan minta hasil besar. Jadi Firman Allah yang Tuhan beri harus direspon oleh orang Kristen yang ingin menerima berkat.

Beri perhatian yang cukup kepada Firman dan berusaha mengerti Firman Allah.

Kita harus menempatkan Firman dengan sikap: Tunduk, takluk dan melayani.

Ayub 36:11 --> Jikalau mereka mendengar dan takluk, maka mereka hidup mujur sampai akhir hari-hari mereka dan senang sampai akhir tahun-tahun mereka.

Jangan pernah mendapatkan hasil yang tidak sesuai Firman Allah dan melakulan pekerjaan Tuhan dengan uang itu.

Tunduk pada otoritas Tuhan, kemujuran akan menyertai hidup kita. Takluk kepada Firman Allah bukan hal yang sederhana.

Kadang kala hobby mengalahkan hal itu. Orang yang mendengar kerajaan sorga. Tuhan menurunkan matahari untuk orang yang benar dan orang tidak benar. Manfaat sinar matahari tergantung sikap kita menerima sinar matahari tersebut. Jika benar memanfaatkan sinar matahari, akan berakibat positif. Sebaliknya jika salah memanfaatkan sinar matahari, penyakitlah yang kita dapat.

Tanah ke-3, tanah berduri. Skala prioritas, manusia yang butuh fasilitas daging. Sebagai manusia beriman kita perlu memelihara rohani, tapi tidak dapat kita pungkiri bahwa kita juga memerlukan fasilitas daging untuk hidup.

Tanah tidak bisa mencabut duri sendiri. Manusia kitalah yang bisa mencabut duri itu berdasarkan Firman Allah yang kita dengar. Bertindaklah jika ada tanah berduri, dapatkanlah berkat itu. Amin. Tuhan memberkati.



Tanggal          : 31 Juli 2016                              
Pembicara       : Pdt. Yos Hartono
Ayat Pokok     : Matius 13:18-23


Ibadah Umum, 7 Januari 2018

Tanggal : 7 Jan 2018
Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Wahyu 7:1-8
Tema : 144.000

Kata meterai di dahi dalam Wahyu 7:1-8, bicara tentang Gereja Sempurna. Apakah 144.000 orang yang menerima meterai di dahi bangsa Israel ?

(Kej 22:17) Keturunan Abraham akan menjadi sangat banyak, seperti bintang di langit dan pasir di tepi laut. Pada mulanya, bintang di langit melambangkan bangsa Israel dan pasir di tepi laut melambangkan bangsa lain di luar Israel. (Roma 11:15-24) Penolakan bangsa Israel atas Yesus membuat mereka “diturunkan” menjadi pasir di tepi laut. Sebaliknya, kita yang percaya kepada Yesus diangkat dan berhak menerima status sebagai bintang di langit.

(Roma 11:25) Walaupun begitu, Israel tetap adalah biji mata Allah. Saat quota telah dipenuhi oleh bangsa-bangsa di luar Israel, maka bangsa Israel akan di cangkokkan kembali ke tunas zaitun yang sejati. Tapi status mereka tetap sebagai pasir di tepi laut.

Read more ...

Ibadah Tahun Baru, 1 Januari 2018

Tanggal : 1 Jan 2018
Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Kej 12:1-3

(Kej 12:1-3) Janji Allah kepada Abram, menjadi rencana Allah yang besar bagi umat manusia. Selain janji, terkandung pula peringatan bagi mereka yang memberkati atau mengutuk Abram/Abraham

(Kej 15:5) Janji Allah kepada Abraham, keturunannya akan sangat banyak seperti bintang di langit. (Kej 22:17) Banyaknya keturunan Abraham juga seperti pasir di laut. Bintang di langit melambangkan orang Kristen yang bercahaya dan mendapatkan janji Allah yang disampaikan kepada Abraham.

Read more ...

Ibadah Pelprip, 11 Januari 2018

Tanggal : 11 Jan 2018
Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Efesus 4:3

Berusaha memelihara kesatuan Roh, satu tubuh dan satu Roh. Kaum Pria adalah kepala / imam. Kita harus sadar dan berjaga-jaga (1 Petrus 5:8). Iblis senantiasa berjalan berkeliling mencari mangsa yang dapat ditelannya. Yesus yang duduk di sebelah kanan Allah membela anak-anakNya, hingga suatu masa ketika Ia tidak lagi membela manusia karena pilihan manusia itu sendiri.

(Efesus 6:10) Karena itu hendaklah kita kuat agar kita dapat bertahan di dalam kekuatan kuasaNya melawan tipu muslihat iblis. Iblis bekerja seperti malaikat terang. Ada kalanya iblis bekerja melalui penyampaian firman dengan memanipulasi kebenaran.

Read more ...

INFORMASI IBADAH RUTIN

KOMSEL DOA

  • Senin, 15 Jan 2018 di rumah ibu Yenny Kuntjoro, VMM
  • Rabu, 17 Jan 2018 di rumah Oma Sonya, Gading Serpong
  • Kamis, 18 Jan 2018 di rumah Ibu Hilda, BSD dan di rumah ibu Esther, Alam Sutera

IBADAH KAUM WANITA

  • Selasa, 16 Jan 2018 di Gereja
DOA PUASA
  • Selasa, 16 Jan 2018 di Gereja
IBADAH RAYON
  • Jumat,, 19 Jan 2018 di Kel. Eko Sumitro, VMM

NB : Untuk Alamat Lengkap Bisa dilihat di Warta Jemaat / Hubungi Sekretariat Gereja

 

 
INFORMASI TAMBAHAN

PELAYANAN SOSIAL

 

Menerima Pakaian Layak Pakai untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Pakaian dikumpulkan di Sekretariat. Tuhan Memberkati.