Tanggal : 7 Jan 2018
Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Wahyu 7:1-8
Tema : 144.000

Kata meterai di dahi dalam Wahyu 7:1-8, bicara tentang Gereja Sempurna. Apakah 144.000 orang yang menerima meterai di dahi bangsa Israel ?

(Kej 22:17) Keturunan Abraham akan menjadi sangat banyak, seperti bintang di langit dan pasir di tepi laut. Pada mulanya, bintang di langit melambangkan bangsa Israel dan pasir di tepi laut melambangkan bangsa lain di luar Israel. (Roma 11:15-24) Penolakan bangsa Israel atas Yesus membuat mereka “diturunkan” menjadi pasir di tepi laut. Sebaliknya, kita yang percaya kepada Yesus diangkat dan berhak menerima status sebagai bintang di langit.

(Roma 11:25) Walaupun begitu, Israel tetap adalah biji mata Allah. Saat quota telah dipenuhi oleh bangsa-bangsa di luar Israel, maka bangsa Israel akan di cangkokkan kembali ke tunas zaitun yang sejati. Tapi status mereka tetap sebagai pasir di tepi laut.

(Wahyu 11:1-8) Kondisi gereja yang “hidup hanya di pelataran” tidak akan diukur, dan akan diberikan kepada bangsa-bangsa lain. Diutuslah dua saksi ke Yerusalem. Setelah selesai melakukan tugasnya bersaksi selama 42 bulan, kedua saksi tersebut dibunuh. Dua saksi diutus untuk melayani bangsa Israel. Setelah bertobat mereka masuk 3 ½ tahun masa antikris.

(Matius 27:25) Orang Israel menyatakan darah Yesus yang tertumpah di kayu salib ditanggung atas mereka dan keturunan mereka.

Dari beberapa kenyataan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa 144.000 orang yang menerima meterai di dahi bukan orang Israel. Lalu siapakah mereka itu ?

Saat ini kita ada dalam masa 50 Tahun Yobel yang terakhir. (Imamat 25:16) Makin besar tahunnya (tahun panen), makin besar pembeliannya. Makin besar tahun panen, Roh kita harus semakin besar. Sebaliknya daging harus semakin kecil.

(Kej 21:8-10) Sara marah ketika melihat Ishak bermain dengan Ismael. Kata “bermain” dalam bahasa Ibrani menggunakan kata yang sama yang berarti “menindas”. (Gal 4:28-29) Ada masanya ketika Roh dianiaya oleh daging. Mendekati tahun panen, Roh kita harusnya semakin besar dan daging semakin lemah

(Kej 15:13) Bangsa Israel akan diperbudak selama 400 tahun. 1 tahun bangsa Israel = 360 hari, berarti 400 tahun = 144.000 hari.

Wahyu 7:1-8 adalah bahasa rohani. 144.000 bicara.tentang Roh yang menuju kesempurnaan, tetapi daging menganiaya roh, sehingga jasmani manguasai roh.

Keluaran 12:40 menulis angka 430 tahun, yang melambangkan lamanya Israel tinggal di Mesir dan Kanaan. (Kata Kanaan tidak tercatat dalan alkitab terjemahan bahasa Indonesia). Masa tersebut dihitung sejak Abraham keluar dari Urkasdim, saat Abraham berusia 75 tahun. Sementara Kejadian 15:13 yang menulis angka 400 tahun dimulai saat Ishak disapih.

(Wahyu 4:4-8) 24 tua-tua adalah pemimpin gereja, yang terdiri dari 12 tua-tua dari Gereja mula-mula dan 12 tua-tua dari Gereja akhir zaman. Jumlah 24 ini tidak berarti secara harfiah. Ayat 8 berbicara tentang 6 sayap yang melambangkan 6000 tahun yang sudah ada, yang ada dan yang akan datang, atau Yang awal dan yang akhir / Alfa dan Omega. 24 x 6000 = 144.000

(Efesus 4:11-13) Tuhan memberikan tugas lima jawatan kepada gereja. Tugas ini diberikan hingga mencapai puncaknya pada akhir masa panen di tahun Yobel. Para pelayan mimbar bertanggung jawab untuk membawa jemaat kepada 144.000, yaitu ketika Roh mencapai kesempurnaan. (Kol 3:10) Lima jawatan bertugas membawa jemaat untuk mengenakan manusa baru dan diperbaharui terus menerus untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Allah.

144.000 berbicara tentang kesempurnaan Roh mengatasi Daging, yaitu saat Gereja mencapai kesempurnaan.

Amin, Tuhan Yesus memberkati.



Ibadah Umum, 10 Juni 2018

Tanggal : 10 Juni 2018
Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Amsal 3:1-2
Tema : Sejahtera


(Amsal 3:1-2) Panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkan kepada kita bila kita tidak melupakan ajaran Tuhan dan memelihara perintah Tuhan. Kata sejahtera dalam bahasa Ibrani tertulis Shalowm, dalam bahasa Inggris diartikan sebagai Completeness, Welfare, Health, Prosperity. Saat kita hidup sejahtera, kita akan menikmati keselamatan, kesehatan, kekayaan dan kelengkapan.

Kekayaan akan kita peroleh ketika kita memuliakan Tuhan dengan harta kita, dan dengan penghasilan pertama dari segala usaha kita (Amsal 3:9-10,16). Kesehatan akan menjadi bagian kita ketika kita hidup takut akan Tuhan dan menjauhi kejahatan (Amsal 3:8).

Read more ...

Ibadah Umum, 3 Juni 2018

Tanggal : 3 Juni 2018
Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Matius 3:7-12


(Matius 3:7-12) Ketika Yohanes Pembaptis membaptis di sungai Yordan, ia berbicara kepada orang Farisi dan orang Saduki. Mereka adalah orang-orang yang sangat mengenal Taurat, namun tidak berbuah dalam kehidupan nyata. Yohanes berkata kapak dan alat penampi telah tersedia untuk mereka.

Apa yang disampaikan Yohanes Pembaptis, sama dengan yang disampaikan Yesus (Yohanes 15:1-6). Yesus berkata barangsiapa yang tidak tinggal di dalam Dia, akan menjadi kering, lalu dibuang dan dicampakkan ke dalam api.

Yesus juga memperingatkan kita untuk berhati-hati terhadap nabi-nabi palsu. Mereka terlihat seperti domba, padahal mereka adalah serigala yang buas. Kita dapat melihat dan mengenal mereka dari buahnya. (Matius 7:15-23)

Read more ...

Ibadah Pelprip, 24 Mei 2018

Tanggal : 24 Mei 2018
Pembicara : Bpk. Timotius Liong
Ayat Pokok : 2 Petrus 1:7
Tema : Phileo - Kasih antara Saudara Seiman

Dalam alkitab terjemahan King James Version, kasih antara saudara seiman menggunakan kata Brotherly Kindness. Sedangkan dalam bahasa Yunani menggunakan kata Philadelphian atau Phileo.

Ada empat jenis kasih dalam bahasa Yunani :
  1. Storge : Kasih antara orang tua - anak ( ada pertalian darah )
  2. Eros : Kasih antara pria dan wanita , ada unsur erotis
  3. Phileo : Kasih antara sesama manusia ( tidak ada hubungan darah )
  4. Agape : Kasih tanpa pamrih
Dalam Alkitab ditemukan kasih Phileo dan Agape

Kasih terhadap saudara-saudara / Phileo dapat didefinisikan menjadi kesalehan yang diimplementasikan kepada saudara seiman kita sebagai sesama manusia.. Ada rasa persaudaraan diantara sesama kita. Point pentingnya adalah bagaimana kasih phileo ini dapat kita terapkan, karena ini adalah salah satu langkah yang harus ditambahkan kepada iman kita. Pada akhirnya kita harus menambahkan kepada iman kita dengan kasih Agape.

Read more ...

INFORMASI IBADAH RUTIN

KOMSEL DOA

  • Senin, 18 Juni 2018 DILIBURKAN
  • Rabu, 20 Juni 2018 DILIBURKAN
  • Kamis, 21 Juni 2018 DILIBURKAN

IBADAH KAUM WANITA

  • Selasa, 19 Juni 2018 DILIBURKAN
DOA PUASA
  • Selasa,19 Juni 2018 DILIBURKAN
IBADAH RAYON
  • Jumat,, 22 Juni 2018 DILIBURKAN

NB : Untuk Alamat Lengkap Bisa dilihat di Warta Jemaat / Hubungi Sekretariat Gereja

 

 
INFORMASI TAMBAHAN

PELAYANAN SOSIAL

 

Menerima Pakaian Layak Pakai untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Pakaian dikumpulkan di Sekretariat. Tuhan Memberkati.