Tanggal : 11 Maret 2018
Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Kejadian 6:22

Nuh diperintahkan Tuhan untuk membuat bahtera, lengkap dengan ukuran dan detail lainnya. Dan Nuh melakukan semuanya tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya (Kejadian 6:22). Ketaatan dan kebenaran Nuh menyelamatkan Nuh dan seisi rumahNya (Kejadian 7:1).

Apa yang kita terima dari Firman Allah, harus kita lakukan tepat seperti yang diperintahkan Tuhan. Janganlah kita menambah atau mengurangiNya.

Abraham hidup sesuai kehendak Allah. Ia selalu membangun mezbah di manapun ia tinggal, agar selalu dekat dengan hadirat Allah. Abimelekh mengakui Abraham diberkati dalam segala sesuatu yang dilakukannya (Kejadian 21;22).

Ishak juga diberkati Allah seperti Abraham ayahnya. Allah membuat Ishak menjadi sangat kaya dan berkuasa. Abimelekh mengakui bahwa Ishak sudah menjadi lebih berkuasa dari mereka (Kejadian 26:12-16). Bahkan kemudian, Abimelekh kembali mengakui bahwa Tuhan menyertai dan memberkati Ishak (Kejadian 26:26-29), sehingga ia melakukan perjanjian perdamaian dengan Ishak.

Tuhan mencari Anak-anak Tuhan seperti Nuh, Abraham dan Ishak yang melakukan Firman Tuhan tepat seperti yang diperintahkan. Dengan demikian, Tuhan akan membuat perbedaan dengan dunia dan memberkati dengan melimpah. Tuhan tidak pernah berhitung-hitungan dengan kita.

Yusuf dua kali bermimpi bahwa orang tua dan saudara-saudaranya akan sujud menyembah kepadanya. Mimpi itu membuat saudara-saudaranya iri hati kepadanya (Kejadian 37:1-11). Di tengah-tengah kesulitan, Yusuf tetap setia hidup berkenan di hadapan Tuhan. Ketika menjadi budak di rumah Potifar, ia dipercaya menjadi pengurus rumah, karena Potifar melihat Yusuf selalu diberkati Tuhan dalam segala yang dilakukannya. Yusuf berhasil karena Tuhan menyertai (Kejadian 39:1-6)

Saat kemudian ketika Yusuf harus dipenjara karena difitnah istri Potifar, Tuhan tetap menyertai Yusuf dan apa yang dikerjakannya dibuat Tuhan berhasil (Kejadian 39:21-23). Yusuf konsisten melakukan perintah Tuhan tepat seperti yang diperintahkan kepadaNya. Yusuf tidak berubah, walaupun ia diterpa berbagai masalah dan kesulitan.

Namun kemudian Yusuf sempat mengandalkan manusia. Ia ingin mendapatkan balas budi dari juru minuman raja (Kejadian 40:12-15). Dari pengalaman hidupnya, Yusuf tahu bahwa secara berangsur-angsur, Tuhan menggenapi rencanaNya tepat seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya. Yusuf sempat mengalihkan pengharapannya dari Tuhan menjadi kepada manusia. Namun setelah mimpinya menjadi kenyataan, juru minuman melupakan Yusuf (Kejadian 40:20-23). Di dalam penjara, Yusuf mengalami siksaan secara psikis. Kakinya dihimpit dan lehernya dibelenggu (Mazmur 105:17-22), akibat dari Yusuf ingin bebas dan menggunakan Firman Allah untuk keuntungannya.

Yusuf mengalami hal seperti itu selama dua tahun (Kejadian 41:1) Setelah lewat dua tahun, barulah Tuhan menggenapi mimpi Yusuf (Kejadian 41:37-43)

Saat kita mulai bergeser sedikit dari perintah Tuhan, Tuhan akan memperingatkan kita melalui suara hati kita. Tuhan ingin kita melakukan tepat seperti yang diinginkanNya. Kita harus konsisten dan setia membangun hubungan dengan Tuhan agar kita peka terhadap suara hati kita dari Tuhan.

Mungkin saat ini kita sedang menanti-nantikan janji Tuhan digenapi dalam kehidupan kita. Tetaplah setia melakukan tepat seperti yang diinginkan Tuhan maka Tuhan akan memberkati kita.

Amin, Tuhan Yesus memberkati.



Ibadah Umum, 8 April 2018

Tanggal : 8 April 2018
Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Kejadian 7:1-5

Pada zaman Adam, Adam dan ciptaan Allah lainnya ditempatkan di taman Eden. Allah mengambil tulang rusuk Adam saat ia tertidur, dan menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam. Namun Iblis tidak mau manusia menikmati Taman Eden dalam kesempunaan, sehingga iblis menyerupai ular dan menggoda Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa (Kejadian 3:1-7)

Pada zaman Nuh, ia diperintahkan Allah untuk masuk ke dalam bahtera bersama seisi rumahnya. Nuh melakukan tepat seperti yang diperintahkan Allah. Kemudian hujan turun selama empat puluh hari empat puluh malam (Kejadian 7:1-5)

Para ahli alkitab menyatakan angka 40 berbicara tentang Transisi. Transisi adalah peralihan dari keadaan tempat, tindakan atau kondisi kepada yang lain.

Read more ...

Ibadah Paskah, 1 April 2018

Tanggal : 1 April 2018
Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Lukas 24:1-6

Yesus sudah bangkit dan tidak ada di antara orang-orang mati (Lukas 24:1-6). Hal ini berlaku dan diperhitungkan juga bagi kita, karena kita percaya kepada Allah yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati (Roma 4:23-25).

Roh yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, berkehendak untuk diam di dalam kita (Roma 8:11). Oleh RohNya yang diam di dalam kita, Ia akan membangkitkan dan menghidupkan tubuh kita yang fana ini.

(1 Petrus 2:24) Yesus telah memikul dosa-dosa kita di atas kayu salib. Oleh bilur-bilurNya kita disembuhkan. Allah rindu untuk bekerja dalam kehidupan kita sehingga kita menikmati kuasa kebangkitan Yesus.

Read more ...

Ibadah Pelprip, 22 Maret 2018

Tanggal : 22 Maret 2018
Pembicara : Bpk. Timotius Liong
Ayat Pokok : 2 Petrus 1:6
Tema : Penguasaan Diri

Penguasaan diri dalam 2 Petrus 1:6 terjemahan King James Version menggunakan kata temperance yang berarti matang / dewasa. Penguasaan diri dalam 2 Petrus 1 adalah langkah ketiga setelah iman, kebajikan dan pengetahuan. Penguasaan diri kita seringkali diuji pada kondisi yang tiba-tiba/mendadak

Penguasaan diri juga merupakan salah satu dari buah-buah Roh. Dalam 1 Yoh 2:12-16, kita diingatkan bahwa ketika kita beriman dan percaya, dosa kita diampuni oleh karena NamaNya. Namun semua keinginan mata dan keinginan daging bukan berasal dari Allah tapi dari dunia.

Read more ...

INFORMASI IBADAH RUTIN

KOMSEL DOA

  • Senin, 16 Apr 2018 di rumah Oma Anna, VMM
  • Rabu, 18 Apr 2018 di rumah Ibu Aling, Gading Serpong
  • Kamis, 19 Apr 2018 di rumah ibu Ester, Alam Sutera, dan di rumah ibu Agung, BSD

IBADAH KAUM WANITA

  • Selasa, 17 Apr 2018 di Gereja
DOA PUASA
  • Selasa, 17 Apr 2018 di Gereja
IBADAH RAYON
  • Jumat,, 20 Apr 2018 pkl 19:30 di Kel. Eko Sumitro, VMM

NB : Untuk Alamat Lengkap Bisa dilihat di Warta Jemaat / Hubungi Sekretariat Gereja

 

 
INFORMASI TAMBAHAN

PELAYANAN SOSIAL

 

Menerima Pakaian Layak Pakai untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Pakaian dikumpulkan di Sekretariat. Tuhan Memberkati.