Tanggal : 23 September 2018
Pembicara : Bpk. Gembala
Ayat Pokok : Matius 16:13-19

(Matius 16:13-19) Yesus bicara Jemaat / Gereja yang akan didirikan dengan Yesus sebagai Mesias yang diurapi akan memberikan urapanNya bagi gereja. Apa yang terikat di dunia, terikat di sorga. Apa yang terlepas di dunia, terlepas di sorga.

Yeremia
Allah memperhitungkan berapa lama bangsa Israel mengabaikan Sabat. Bangsa Israel kemudian diserahkan kepada bangsa lain dan diasingkan ke Babel Para nabi palsu bernubuat bangsa Israel akan dilepaskan dalam dua tahun (Yeremia 28:1-17). Namun Yeremia berkata bukan dua tahun melainkan setelah genap 70 tahun. Yeremia pun memperingatkan bangsa Israel akan nabi-nabi palsu (Yeremia 29:8-10)

(Daniel 9:1-19) Daniel berdoa kepada Allah untuk bangsa Israel. Allah menjawab doa Daniel dengan memperlihatkan peta zaman (Daniel 9:20-27) :
  • Sejak zaman raja Saul, bangsa Israel telah gagal memelihara sabat selama 490 tahun atau 70 x 7 masa.
  • Bangsa Israel diasingkan selama 70 tahun sesuai nubuat Yeremia. Pembuangan berakhir saat pemerintahan raja Koresy tahun 536 sebelum masehi
  • Pada tahun 457 sebelum masehi, Artahsasta raja Persia memerintahkan untuk membangun kembali Yerusalem
  • Di awal pelayanannya, Yesus di baptis di sungai Yordan pada tahun 26 masehi.
  • Waktu antara tahun 457 SM s/d 26 masehi = 483 tahun atau 69 masa
  • Yesus melayani selama 3½ tahun = ½ masa
  • Untuk menggenapi 70 masa, tersisa ½ masa lagi (3½ tahun) yang akan digenapi saat masa aniaya besar antikris di akhir zaman
Setelah pengorbanan Yesus di kayu salib, bangsa Israel masih mempersembahkan korban, karena bangsa Israel menolak pengorbanan Yesus. Inilah yang dinubuatkan Daniel sebagai sayap kekejian. Sejalan dengan pernyataan Paulus dalam Ibrani 10:25-29, apabila kita telah ditebus dan mengetahui kebenaran namun masih kembali kepada korban, sama artinya kita menghina Roh kasih karunia.

Amin, Tuhan Yesus memberkati.