Tanggal : 22 Maret 2018
Pembicara : Bpk. Timotius Liong
Ayat Pokok : 2 Petrus 1:6
Tema : Penguasaan Diri

Penguasaan diri dalam 2 Petrus 1:6 terjemahan King James Version menggunakan kata temperance yang berarti matang / dewasa. Penguasaan diri dalam 2 Petrus 1 adalah langkah ketiga setelah iman, kebajikan dan pengetahuan. Penguasaan diri kita seringkali diuji pada kondisi yang tiba-tiba/mendadak

Penguasaan diri juga merupakan salah satu dari buah-buah Roh. Dalam 1 Yoh 2:12-16, kita diingatkan bahwa ketika kita beriman dan percaya, dosa kita diampuni oleh karena NamaNya. Namun semua keinginan mata dan keinginan daging bukan berasal dari Allah tapi dari dunia.

Keinginan mata, keinginan daging dan keangkuhan hidup menjadi kendala penguasaan diri. Kesombongan rohani dapat membuat kita jatuh (1 Kor 10:12). Penguasaan diri kita akan bertumbuh saat kita terus mendekat kepada Tuhan dan firmanNya

Ketika kita dekat dengan Tuhan, kita akan diberkati dengan berkat rohani, dan berkat jasmani akan ditambahkan untuk kita. Kita akan dikaruniai untuk menikmati berkat Tuhan (Amsal 30:7)

Saat zaman nabi Elisa dan bangsa Israel berperang dengan bangsa Aram, raja Aram membawa pasukannya untuk membunuh Elisa. Saat itu bujang Elisa ketakutan, tidak dapat melihat kuasa Tuhan yang sudah dinyatakan sebelumnya (2 Raja-raja 6:8-17). Kita perlu penguasaan diri agar dapat tenang dan melihat kuasa Allah.

Amin, Tuhan Yesus memberkati.