Tanggal : 26 Juli 2018
Pembicara : Bpk. Bondan Abraham
Ayat Pokok : Ibrani 12:1
Tema : Seri Saksi Iman : Henoch dan Nuh

Untuk berlomba dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita, kita perlu menyiapkan mental dan belajar dari para saksi iman (Ibrani 12:1)

(Kej 5-6) Henokh dan Nuh adalah anak-anak Tuhan yang hidup bergaul dengan Allah, berjalan dengan Allah.

Ketika kita akan mengikuti perlombaan yang diwajibkan Allah bagi kita, kita perlu mempersiapkan diri untuk mencari tahu syarat dan ketentuan perlombaan. Hal itu dapat kita kehatui dengan bergaul erat dengan Tuhan, berjalan bersama Tuhan.

(Kej 6:14) Allah memerintahkan Nuh untuk membuat bahtera. Nuh taat karena ia takut akan Allah, takut yang diiringi rasa hormat.

Saat kita diperintahkan Allah untuk melakukan firmanNya, kita harus mentaatinya, kita harus melakukannya tanpa memikirkan kepentingan kita. Percayalah bila Tuhan sudah berfirman, akan membawa kebaikan bagi kita.

Ketika Tuhan memerintahkan kita berbuat sesuatu, Ia akan memberikan instruksi yang detail, seperti ketika Allah menuntun Nuh untuk membangun bahtera. Taatlah walaupun kita belum mengerti saat itu, karena Tuhan akan menuntun kita langkah demi langkah. Tuhan akan memberikan kemampuan bagi kita untuk melaksanakan perintahNya.

Saat kita hidup bergaul dengan Tuhan, kita menjadi contoh dan role model bagi keluarga kita. Sehingga anggota keluarga kita akan mengikuti teladan yang baik dari kita.

Namun walaupun kita hidup bergaul dengan Allah, tidak berarti kita menjadi kudus dan tidak mungkin berbuat dosa. (Kej 9:18-25). Saat kita melakukan hal yang tidak berkenan bagi Allah, akan turut berdampak kepada orang-orang terdekat kita.

Amin, Tuhan Yesus memberkati.