Tanggal : 24 Mei 2018
Pembicara : Bpk. Timotius Liong
Ayat Pokok : 2 Petrus 1:7
Tema : Phileo - Kasih antara Saudara Seiman

Dalam alkitab terjemahan King James Version, kasih antara saudara seiman menggunakan kata Brotherly Kindness. Sedangkan dalam bahasa Yunani menggunakan kata Philadelphian atau Phileo.

Ada empat jenis kasih dalam bahasa Yunani :
  1. Storge : Kasih antara orang tua - anak ( ada pertalian darah )
  2. Eros : Kasih antara pria dan wanita , ada unsur erotis
  3. Phileo : Kasih antara sesama manusia ( tidak ada hubungan darah )
  4. Agape : Kasih tanpa pamrih
Dalam Alkitab ditemukan kasih Phileo dan Agape

Kasih terhadap saudara-saudara / Phileo dapat didefinisikan menjadi kesalehan yang diimplementasikan kepada saudara seiman kita sebagai sesama manusia.. Ada rasa persaudaraan diantara sesama kita. Point pentingnya adalah bagaimana kasih phileo ini dapat kita terapkan, karena ini adalah salah satu langkah yang harus ditambahkan kepada iman kita. Pada akhirnya kita harus menambahkan kepada iman kita dengan kasih Agape.

Salah satu wujud kasih agape adalah mengasihi orang-orang yang memusuhi kita (Mat 5:44). Hanya dengan pertolongan Roh Kudus kita dapat mencapainya. Begitu pula dengan kasih phileo

Kasih phileo harus kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Janganlah kita dalam pergaulan sehari-hari lebih memandang muka (Yakobus 2:1-4). Kasih kita juga hendaklah jangan hanya di bibir saja, tapi harus kita lakukan terhadap sesama kita (Yakobus 2:14-17)

Berbagai tekanan dalam kehidupan sering membuat kasih kita turun naik. Hal yang sama juga terjadi dalam kehidupan berjemaat.

Sebelum naik ke sorga, Yesus bertanya kepada Petrus apakah ia mengasihiNya. Kata kasih yang digunakan Yesus dalam pertanyaan pertama dan kedua adalah kasih Agape, namun Petrus menjawabnya dengan kasih Phileo. Baru pada pertanyaan ketiga, Yesus menggunakan kasih Phileo dalam pertanyaannya dan Petrus tetap menjawab dengan kasih Phileo (Yoh 21:15-17)

Untuk sampai kepada kasih Phileo, kita membutuhkan Firman dan pertolongan Roh Kudus. Marilah kita bersama-sama terus bertekun agar dapat mencapai standar yang Tuhan inginkan bagi kita masing-masing

Amin, Tuhan Yesus memberkati.